cover
Contact Name
Carolus Askikarno Palalangan
Contact Email
ojsapaji@gmail.com
Phone
+6281355058062
Journal Mail Official
ojsapaji@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Accounting Profession Journal (APAJI)
ISSN : 27157695     EISSN : 26860058     DOI : 10.35593
Core Subject : Economy,
Accounting Profession Journal (APAJI) aims as a medium of exchange of information and scientific works among the teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. APAJI is that it recognises that informational problems are pervasive in financial markets and business organisations, and that accounting plays an important role in resolving such problems. APAJI welcomes both theoretical and empirical contributions. Nonetheless, theoretical papers should yield novel testable implications, and empirical papers should be theoretically well-motivated. The Editors view accounting and finance as being closely related to economics and, as a consequence, papers submitted will often have theoretical motivations that are grounded in economics. APAJI, however, also seeks papers that complement economics-based theorising with theoretical developments originating in other social science disciplines or traditions. While many papers in APAJI use econometric or related empirical methods, the Editors also welcome contributions that use other empirical research methods. Although the scope of APAJI is broad, it is not a suitable outlet for highly abstract mathematical papers, or empirical papers with inadequate theoretical motivation. Also, papers that study asset pricing, or the operations of financial markets, should have direct implications for one or more of preparers, regulators, users of financial statements, and corporate financial decision makers, or at least should have implications for the development of future research relevant to such users.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2020): Accounting Profession Journal (APAJI)" : 5 Documents clear
CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILTY (CSR) BERKEADILAN SOSIAL Dadek Nandemar; Amiruddin
Accounting Profession Journal (APAJI) Vol. 2 No. 2 (2020): Accounting Profession Journal (APAJI)
Publisher : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Indonesia Paulus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35593/apaji.v2i2.11

Abstract

Konflik yang terjadi antara masyarakat adat dengan korporasi adalah bentuk dari penolakan masyarakat terhadap kapitalisme yang menunggangi korporasi untuk mengeruk keuntungan yang sebesar-besarnya tanpa memperhatikan hak masyarakat. Masyarakat yang hidup tenang sebelum ada korporasi yang membuka usaha dengan mengakusisi hutan adat sebagai sumber penghidupan masyarakat kehilangan sumber mata pencahariannya. Corporate Social Responsibility CSR) diharapkan sebagai media untuk menyelesaikan konflik yang terjadi yang tentunya disesuaikan dengan dengan filosofis negara kita, yaitu Pancasila dan UUD 1945. Pendekatan penelitian mengunakan studi kritis yang bertujuan untuk mengungkap makna fenomena konflik yang terjadi. Kemudian penulis merekonstruksi dengan menawarkan bentuk CSR yang pancasilais. Konsep keadilan Pancasila sebagai dasar penerapan triple bottom line dengan aspek profit, people, dan planet (3P), yakni bukan hanya keuntungan (Profit) yang diorientasikan, namun juga harus mampu memberikan keadilan kepada masyarakat (People) serta adil dan menjaga kelestarian lingkungan (Planet). Sehingga membawa keadilan bagi masyarakat adat yang telah kehilangan penghidupannya dari hutan digantikan sumber penghidupan yang sepadan sehingga masyarakat dapat hidup berdampingan secara harmonis dengan perusahaan, di mana nantinya akan meujudkan masyarakat sejahtera, adil dan makmur.
EVALUASI PENGELOLAAN KEUANGAN DESA DI DESA TIMBUSENG KECAMATAN PATTALLASSANG KABUPATEN GOWA Muttiarni; Amiruddin; Riska Amelia
Accounting Profession Journal (APAJI) Vol. 2 No. 2 (2020): Accounting Profession Journal (APAJI)
Publisher : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Indonesia Paulus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35593/apaji.v2i2.14

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana pengelolaan keuangan desa di Desa Timbuseng Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa berdasarkan asas transparan, akuntabel, partisipatif, tertib dan disiplin anggaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriftif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari wawancara dan dokumentasi. Dari hasil wawancara dan dokumentasi tersebut, dibandingkan dengan menggunakan indikator-indikator sesuai dengan Pemendagri No. 20 Tahun 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan pemerintah Desa Timbuseng telah sesuai dengan Pemendagri No. 20 Tahun 2018 yaitu transparan, akuntabel, partisipatif, tertib dan disiplin anggaran dengan terpenuhinya semua indikator serta pengelolaan keuangan desa yang sangat efektif sehingga cukup dan bermanfaat bagi masyarakat.
ANALISIS DAMPAK INTERNAL YANG MEMPENGARUHI AUDIT DELAY I Dewa Made Endiana; I Kadek Apriada
Accounting Profession Journal (APAJI) Vol. 2 No. 2 (2020): Accounting Profession Journal (APAJI)
Publisher : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Indonesia Paulus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35593/apaji.v2i2.15

Abstract

Audit delay is the time span required by the auditor to complete the audit task on the financial statements which can be calculated from the closing date of the company's books, 31 December to the date of issuance of the audit report. This study aims to determine the effect of profitability, solvency, activity and company age on audit delay. The research sample was 39 property and real estate companies. The results showed that profitability and activity had a negative effect on audit delay, solvency had no effect on audit delay, while company age had a positive effect on audit delay
NILAI PERUSAHAAN DITINJAU DARI TANGGUNG JAWAB SOSIAL, TATA KELOLA, DAN KESEMPATAN INVESTASI PERUSAHAAN Ni Nyoman Ayu Suryandari; Frischa Faradilla Arwinda Mongan
Accounting Profession Journal (APAJI) Vol. 2 No. 2 (2020): Accounting Profession Journal (APAJI)
Publisher : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Indonesia Paulus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35593/apaji.v2i2.17

Abstract

Nilai perusahaan mencerminkan persepsi yang diberikan investor kepada perusahaan. Untuk meningkatkan nilai perusahaan maka perusahaan harus memberikan informasi yang mampu meningkatkan persepsi investor kepada perusahaan. Sinyal yang diberikan perusahaan kepada investor berupa laporan keuangan akan mengurangi asimetri informasi sehingga investor mampu mengambil keputusan yang bermutu. Faktor-faktor yang diduga berpengaruh terhadap nilai perusahaan adalah tanggung jawab sosial, tata kelola perusahaan dan kesempatan investasi perusahaan. Dengan menggunakan sampel 10 perusahaan yang mengikuti CGPI (Corporate Governance Perception Index) tahun 2016-2018, dan dengan menggunakan. Teknik analisis data multiple regression maka diperoleh hasil bahwa tanggung jawan sosial dan keputusan investasi bukanlah faktor yang menentukan nilai perusahaan, sementara peningkatan tata kelola perusahaan akan mengurangi nilai perusahaan.
PENGARUH PELATIHAN, KOMUNIKASI DAN PROMOSI JABATAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT. PLN (PERSERO) DISTRIBUSI BALI Kadek Apriada; Putu Riska Wulandari
Accounting Profession Journal (APAJI) Vol. 2 No. 2 (2020): Accounting Profession Journal (APAJI)
Publisher : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Indonesia Paulus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35593/apaji.v2i2.18

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan, komunikasi dan promosi jabatan terhadap kinerja karyawan di PT. PLN (Persero) Distribusi Bali. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Pada penelitian ini jumlah populasi adalah 163 karyawan dan diperoleh jumlah sampel adalah 116 orang dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil Uji Hipotesis menunjukan bahwa Pelatihan (X1) adalah 0,509 bernilai positif, Komunikasi (X2) adalah 0,584 bernilai positif serta Promosi Jabatan (X3) adalah 0,183 bernilai positif. Berdasarkan persamaan regresi linear berganda tersebut, menunjukan bahwa variabel Pelatihan, Komunikasi dan Promosi Jabatan berpengaruh positif terhadap Kinerja Karyawan pada PT. PLN (Persero) Distribusi Bali. Hasil Uji R2 bernilai 0,789 menunjukkan bahwa 78,9 persen dari variasi Kinerja Karyawan (Y) dipengaruhi oleh Pelatihan (X1), Komunikasi (X2), Promosi Jabatan (X3) sedangkan sisanya sebesar 21,1 persen dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 5